Zaman Barok dan Rakoko

Zaman Barok dan Rakoko

“barok” dan “rokoko”dipinjam dari dunia arsitektur. Kata barok berarti aneh, penuh hiasan, rumit, berbelit-belit, berlebihan, serta memenuhi tempat dan wadah, baik sengan tindakan, gerakan, bunyi, hiasan, maupun warna. Kemajuan pada abad ini terdapat dua aliran yang sifatnya hampir sama. Pada aliran Barok dan Rokoko sama-sama menggunakan ornamentik (hiasan musik). Tetapi pada aliran Barok memakai ornamentik yang diserahkan pada improvisasi spontan oleh pemain. Sedangkan pada Rokoko semua ornamentik dicatat. Masyarakat pada Zaman Barok tidak hanya melihat kemanusiaan dan keberadaannya secara seutuhnya sebagaimana pada Zaman renaissance dengan humanismenya. Masyarakat pada Zaman Barok lebih memerhatikan perasaan dan imajinasi. Komponis-komponis pada abad Barok dan rokoko ini diantaranya Johan Sebastian Bach (1685 – 1750) dari Jerman dan George Frederick haendel (1685 – 1759) dari London.

e. Zaman Klasik (Abad XVIII – Awal Abad XIX)

“klasik” dipinjam dari satu bentuk jenis dalam dunia sastra yang memberi ciri-ciri ketaatan pada kaidah-kaidah formal bentuk dan struktur komposisi dalam mencapai keseimbangan dan kesempurnaan musik. Abad klasik diawali sepeninggal Bach dan Handel, sekitar tahun 1750). Musik zaman klasik memiliki ciri sebagai berikut.

–          menggunakan peralihan dinamik crescendo atau decrescendo.

–          Perubahan-perubahan tempo dengan accelerando dan ritardando.

–          Pembatasan nada-nada hias (ornamentik).

–          Pemakaian akor tiga nada.

f. Zaman Romantik (Abad XIX – Awal Abad XX).

Musik romantik sangat mementingkan perasaan yang subjektif. Musik bukan saja digunakan untuk mencapai keindahan nada-nada,tetapi dipergunakan untuk mengungkapkan perasaan, sehingga banyak menggunakan dinamik dan tempo. Sajian musiknya tidak menggunakan nada-nada hias kecuali trill.

Komponis-komponis yang terkenal antara lain :

–  Ludwig Van Beethoven dari Jerman.

–  Franz Peter Schubert dari Wina.

–  Francois Frederick Chopin dari Polandia.

–  Robert Alexander Schumann dari Jerman.

–  Johannes Brahms dari Jerman.

 

Sumber :

https://finbarroreilly.com/