Tips Terbaik Menanam dan Budidaya Anggur di Dalam Pot

Tips Terbaik Menanam dan Budidaya Anggur di Dalam Pot

Tips Terbaik Menanam dan Budidaya Anggur di Dalam Pot
Tips Terbaik Menanam dan Budidaya Anggur di Dalam Pot

Tanaman anggur tersebut selain bisa di tanam di kebun, juga dapat di tanam di dalam Pot. dan tidak hanya cukup dengan keindahan bentuk tanamanya saja yang kita dapatkan, Tetapi keindahanya juga dapat di lengkapi dengan buah yang bergelantungan pada Dahan-dahan kecilnya. Pemandangan yang indah seperti itu dapat kita ciptakan sekitar lingkungan rumah anda. Yang tentunya dengan Tips-tips yang sesuai dengan aturan yang baik dan benar serta memahami karakter tanaman tersebut supaya tidak susah berbuah.

Salah satunya kelebihan menanam anggur di dalam Pot ini kita dapat membentuk tanaman tersebut seindah mungkin. Dengan membentuk percabanganya apalagi di tambah dengan munculnya Buah-buah yang terlihat Segar. Walaupun tujuanya untuk menghiasi lingkungan rumah anda atau di jadikan tanaman hias. Namun buah yang di hasilkan dapat juga di nikmati. dtidak hanya itu saja kelebihan dari buah anggur, tanaman anggur dalam Pot yang telah berbuah dan memiliki bentuk yang indah akan memiliki nilai jual yang lumayan tinggi di bandingkan bibit anggur yang hanya di tanam di polibag saja tidak berbentuk.

Berikut di bawah ini lansung saja kita membahas Tips Terbaik Budidaya Anggur Di Dalam Pot.

Pemilihan Pot

  1. Langkah awal setelah adanya bibit kita menentukan pot yang akan di pergunakan. Perlu sekali anda ingat, Karena tujuan kita menciptakan keindahan tanaman hias maka pot haruslah yang bagus dan yang baik. Seperti pot dari Semen, pot plastik, atau pot dari tanah. Diameter permukaan pot haruslah lebih besar dari pada permukaan bawah atau sama besarnya.
  2. Namun dari berbagai macam jenis bahan pot yang lebih baik untuk tanaman anggur adalah pot yang berbahan dasar Tanah. Hal seperti ini cukup baik pengaruhnya bagi tanaman anggur, Karena pot dari bahan dasar tanah memiliki Pori-pori pada bagian dasarnya yang dapat menyerap Air.
  3. Sehingga akar tanaman tidak mudah kekeringan apabila terlambat menyiram dan tidak akan lembab apabila terlalu banyak air penyiraman. Maka anda pergunakanlah pot yang terbuat dari bahan dasar tanah. Untuk menunjang keindahan tanaman, Pot dari bahan dasar tanah tersebut saat ini banyak yang memiliki Ukira-ukiran yang canti pada bagian luarnya.

Media Tanam

Media tanam yang di pergunakan untuk tanaman anggur di dalam Pot harus seesuai dengan karakteristik Tanaman. Media tanam yang cocok untuk buah anggur adalah dengan pasir dan pupuk kandang. Penjelasanya, karena pasir mudah di tembus oleh air dan akar tanaman anggur. Sebelum di masukkan kedalam Pot, Pasir dan pupuk kandang diaduk terlebih dahulu, Dan untuk lebih bagus lagim, Sepertiga bagian bawah Pot di isi dengan tanah yang gembur, Supaya menghambat keluarnya air dari Pot tersebut.

Tips Menanam Keadalam Pot

Yang pertama masukkan pecahan batu bata atau genting pada dasar Pot. Kemudian masukkan media tanam yang yang telah di campur Rata. Dan isi Pot sampai hampir penuh, Lalu buat lubang tanam pada tengahnya yang lebih besar sedikit dari Polibag yang di pakai Oleh Bibit.

Lalu polibag di lepas dan masukkan bibit tersebut pada lubang yang telah tersedia. kemudian alur posisi tanaman agar terlihat tegak. Dan Tutup permukaan dengan media tanam kembali. Selanjutnya siram tersenut, Jika telah selesai penyiraman maka permukaan tanah akan menurun hingga 5 cm dari bibir Pot. Hal seperti ini terjadi karena pemadatan media tanam. Seterusnya simpan tanaman di tempat yang terkena sinar matahari secara penuh.

 

Sumber: https://www.duniabudidaya.co.id