Softskill dan Perilaku Korupsi

Softskill dan Perilaku Korupsi

Softskill dan Perilaku Korupsi
Softskill dan Perilaku Korupsi

Soft skills pada dasarnya merupakan ketrampilan personal- yaitu ketrampilan khusus yang bersifat non-teknis, tidak berwujud, dan kepribadian yang menentukan kekuatan seseorang sebagai pemimpin, pendengar (yang baik), negosiator, dan mediator konflik.
Soft Skills bisa juga dikatakan sebagai ketrampilan interpersonal seperti kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dalam sebuah kelompok.

korupsi adalah tindakan penyalahgunaan kekuasaan untuk memperoleh keuntungan pribadi. orang-orang yang melakukan korupsi adalah orang yang tidak bersyukur atas apa yang seharusnya didapatkan. seseorang yang pernah melakukan korupsi pasti akan melakukannya secara terus-menerus jika belum terjadi pemeriksaan oleh pihak-pihak yang berkompeten di bidang pemberantasan korupsi.

korupsi sangat berhubungan erat dengan softskill yang dimiliki seseorang. seseorang yang melakukan korupsi berarti tidak mempunyai kejujuran, tidak berkomitmen dengan janjinya, tidak dapat memanajemen dirinya sendiri, dan tidak mempunyai pendirian yang teguh. sifat-sifat diatas merupakan macam-macam softskill penting yang harus dimiliki seseorang yang hidup dengan kekuasaan agar tidak terjebek dalam tindakan-tindakan yang dapat merugikan rakyat dan negara.

Baca Juga :