SMKN 1 Cikalongkulon Raih Prestasi “Sekolah Pencetak Wirausaha 2018”

SMKN 1 Cikalongkulon Raih Prestasi Sekolah Pencetak Wirausaha 2018

SMKN 1 Cikalongkulon Raih Prestasi “Sekolah Pencetak Wirausaha 2018”

SMKN 1 Cikalongkulon Raih Prestasi Sekolah Pencetak Wirausaha 2018
SMKN 1 Cikalongkulon Raih Prestasi Sekolah Pencetak Wirausaha 2018

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur meraih

prestasi “Sekolah Pencetak Wirausaha 2018” dari Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada Maret 2019. Sebanyak 5 siswa mendapatkan penghargaan sebagai Tutor Teman Sebaya atas penghasilan yang diraih per tiga bulan.

Kelima siswa tersebut adalah Eddy Hermawan, siswa jurusan Teknologi Pengelolaan Hasil Pertanian, Fitri Anita Rahman (Agrobisnis Ternak Unggas), Muhammad Rizki Hermawan (Teknik Komputer Jaringan), Ratna Sari (Adiministrasi Publik), dan Wida Rosidawati (Agrobisnis Ternak Unggas).

Dalam menjalankan usaha di bidang jasa pembayaran, penghasilan Eddy mencapai Rp.10.819.000.

Sedangkan Fitri yang mengembangkan usaha di bidang busana meraih pendapatan Rp.23.340.000. Serupa dengan Eddy, Rizky yang membuka usaha di bidang jasa pembayaran meraup penghasilan Rp.11.745.000.

Sedangkan siswa lainnya, Ratna yang berwirausaha di bidang busana dan jasa pembayaran, mendapat keuntungan Rp.5.858.000. Selanjutnya Wida Rosita Wati yang membuka usaha di bidang kuliner dengan menggunakan bahan utama telur puyuh, mendapat keuntungan Rp.6.069.000.

Sementara itu, Kepala SMKN 1 Cikalongkulon, Sumariyah menjelaskan, kewirausahaan

adalah aspek pembelajaran yang dikembangkan sekolah ini. “Kita berupaya mewadahi siswa yang akan berwirausaha. Karena, tidak semua siswa yang baru lulus langsung terjun ke dunia kerja,” tuturnya saat dihubungi via daring, Senin (22/4/2019).

Sumariyah menegaskan, pihaknya berkomitmen mencetak lulusan yang mampu mandiri secara finansial sedini mungkin melalui bidang wirausaha. Untuk mencapai tujuan tersebut, sekolah yang berdiri tahun 2004 itu mengadakan program “Enterpreneur Day”. Program ini bertujuan menjadikan sekolah sebagai “pasar kaget” bagi siswa yang ingin berwirausaha. Kegiatan ini diadakan seminggu sekali. “Kantin pun ditutup pada hari itu agar semua kebutuhan siswa bisa diperoleh melalui mereka yang berwirausaha,” katanya.

Guna mengembangkan ilmu wirausaha, pihak sekolah juga membentuk tim pengembangan kewirausahaan, dibina salah seorang guru SMKN 1 Cikalongkulon, Etin Sukmawati. Salah satu programnya, yaitu Warung Praktek Kewirausahaan. Program ini mengajak siswa untuk menganalisis kebutuhan masyarakat sekitar.***

 

Baca Juga :