SISTEM ORGAN MANUSIA

SISTEM ORGAN MANUSIA

Sistem organ adalah sekelompok organ yang bekerja sama untuk satu tujuan. Setiap sistem organ menjalankan suatu fungsi tubuh untuk menjaga agar tubuh manusia tetap hidup. Semua sistem organ tergolong vital karena jika ada kerusakan atau berhenti berfungsinya salah satu sistem organ, maka sistem organ lain akan ikut terpengaruh bahkan bisa sampai berujung pada kematian. Manusia memiliki beberapa sistem organ. Berikut adalah macam-macam sistem organ pada manusia beserta fungsinya. Langsung saja kita simak yang pertama:

Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan adalah sekumpulan organ terintegrasi yang memproses makanan, menguraikan zat yang terkandung pada makanan, dan menyerap sari-sari dan nutrisi makanan supaya makanan tersebut bermanfaat bagi tubuh. Sistem pencernaan pada manusia terdiri atas mulut, kerongkongan, lambung, usus 12 jari, jejunum, ileum, usus besar, dan anus. Selain itu, ada beberapa organ tubuh lain yang berperan dalam sistem pencernaan yakni hati dan pankreas. Fungsi utama sistem pencernaan adalah mencerna makanan. Berikut adalah beberapa fungsi sistem pencernaan pada manusia:

  1. Memasukkan makanan ke dalam tubuh.
  2. Menghancurkan makanan.
  3. Memecah nutrisi pada makanan supaya mudah dicerna.
  4. Menyerap makanan.
  5. Membusukkan dan membuang sisa-sisa makanan.
  1. Sistem Ekskresi

Sistem ekskresi adalah sistem organ yang membuang cairan tubuh yang berlebih dan tidak berguna sehingga mencegah tubuh dari keracunan atau kerusakan. Sistem ekskresi juga membuang zat sisa metabolisme. Sistem ekskresi pada manusia terdiri dari ginjal, paru-paru, kulit, dan hati (liver). Berikut adalah fungsi sistem ekskresi pada manusia:

  1. Membuang zat atau cairan yang tidak dibutuhkan tubuh.
  2. Membuat zat sisa metabolisme.
  3. Mencegah zat bermanfaat keluar dari tubuh.
  4. Mengendalikan konsentrasi zat dan cairan di dalam tubuh.
  5. Mengendalikan suhu tubuh (keringat pada kulit).

Pos-pos Terbaru