SIPOL Mendukung Penyelenggaraan Pemilu

SIPOL Mendukung Penyelenggaraan Pemilu

 

SIPOL Mendukung Penyelenggaraan Pemilu

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, bahwa pendaftaran dan verifikasi partai politik (parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 pada 3 Oktober 2017.

Pelaksanaan pendaftaran dan verifikasi

Maka untuk mendukung berlangsungnya pelaksanaan pendaftaran dan verifikasi itu, KPU telah memiliki dan mengoperasikan Sistem Informasi Parpol (SIPOL) yang diharapkan akan menjadi semacam dukungan terhadap proses pendaftaran dan verifikasi yang bersifat transparan dan akuntabel.

Kota Bogor Ade Sarip Hidayat

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat memaparkan hal itu saat membuka kegiatan Sosialisasi pendaftaran dan verifikasi parpol calon peserta Pemilu tahun 2019 yang diselenggarakan KPU Kota Bogor di Padjajaran Suites Resort & Convention Hall, Jalan Bogor Inner Ring Road Lot XIX C2Bogor Nirwana Residence, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Senin (02/10/2017).

“Melalui SIPOL ini masyarakat diharapkan bisa mengetahui kondisi kekinian tentang parpol-parpol yang akan bertarung pada Pemilu 2019. Sehingga nantinya mereka bisa menentukan pilihannya secara lebih yakin terhadap parpol baru atau parpol lama,” tutur Sekda.

KPU dengan mengoperasikan SIPOL

Menurutnya, apa yang telah dilakukan KPU dengan mengoperasikan SIPOL merupakan sebuah langkah yang mendukung upaya-upaya Pemilu 2019 mendatang menjadi Pemilu yang lebih berkualitas.

“Salah satunya karena masyarakat pemilih dapat mengetahuu secara persis kondisi kekinian dan berbagai hal tentang parpol yang akan dipilihnya sebagai penyalur aspirasi mereka,” ujarnya.

 

Sumber : https://solopellico3p.com