PRAKTIKUM PL/SQL

PRAKTIKUM PL/SQL

PRAKTIKUM PL SQL

Program 1 :
SQL> set serveroutput on;
SQL> ed
Wrote file afiedt.buf

1 declare
2 x integer;
3 y float;
4 begin
5 x:=5+6;
6 y:=2.20+1.48;
7 dbms_output.put_line(‘nilai x adalah’|| x);
8 dbms_output.put_line(‘nilai y adalah’|| y);
9* end;
SQL> /
nilai x adalah 11
nilai y adalah 3.68

PL/SQL procedure successfully completed.

Logika Pemrograman 1 :

Program PL/SQL di mulai dengan set serveroutput on;. Untuk mempermudah penulisan program jika mengalami kesalahan maka ketiklah di Notepad dengan menggunakan sintaks ed. Selanjutnya deklarasikan variabel dengan declare, di mana untuk x bertipe integer dan y bertipe float. Memulai suatu prosedur sesuai dengan algoritma yang di inginkan, dahului dengan begin. Untuk nilai x adalah penjumlahan antara 5 dan 6, dan mendapatkan hasil 11. Sedangkan untuk y penjumlahan antara 2.20 dan 1.48, maka hasilnya adalah 3.68. Lalu cetak “Nilai x adalah “, “Nilai y adalah “. Akhiri program PL/SQL dengan end.

Program 2 :
SQL> set serveroutput on
SQL> ed
Wrote file afiedt.buf

1 declare
2 alas number(3);
3 tinggi number(3);
4 luas number(3);
5 begin
6 alas:=22;
7 tinggi:=14;
8 Luas:=(alas*tinggi)/2;
9 dbms_output.put_line(Luas);
10* end;
SQL> /
176

PL/SQL procedure successfully completed.

Logika Pemrograman 2 :

Program PL/SQL di mulai dengan set serveroutput on;. Untuk mempermudah penulisan program jika mengalami kesalahan maka ketiklah di Notepad dengan menggunakan sintaks ed. Selanjutnya deklarasikan variabel dengan declare, di mana untuk alas bertipe number yang dibatasi sebanyak 3 digit, tinggi bertipe number yang dibatasi sebanyak 3 digit dan luas bertipe number yang dibatasi sebanyak 3 digit. Memulai suatu prosedur sesuai dengan algoritma yang di inginkan, dahului dengan begin.
Variabel alas diberikan nilai awal 22 dan variabel tinggi diberikan nilai awal 14. Hitung nilai Luas yaitu perkalian antara alas dan tinggi (22 * 14 = 308), kemudian dibagi 2 = 176. Cetak hasil luas yaitu 176. Akhiri program PL/SQL dengan end.

Program 3 :
SQL> set serveroutput on
SQL> ed
Wrote file afiedt.buf

1 declare
2 a integer;
3 b integer;
4 begin
5 a := 14;
6 b := 7;
7 dbms_output.put_line(‘Penjumlahan = ‘||to_char(a+b));
8 dbms_output.put_line(‘Pengurangan = ‘||to_char(a-b));
9 dbms_output.put_line(‘Perkalian = ‘||to_char(a*b));
10 dbms_output.put_line(‘Pembagian = ‘||to_char(a/b));
11* end;
SQL> /.
Penjumlahan = 21
Pengurangan = 7
Perkalian = 98
Pembagian = 2

PL/SQL procedure successfully completed.

Logika Pemrograman 3 :

Program PL/SQL di mulai dengan set serveroutput on;. Untuk mempermudah penulisan program jika mengalami kesalahan maka ketiklah di Notepad dengan menggunakan sintaks ed. Selanjutnya deklarasikan variabel dengan declare, di mana untuk a bertipe integer dan b bertipe integer. Memulai suatu prosedur sesuai dengan algoritma yang di inginkan, dahului dengan begin. Variabel a diberikan nilai awal 14 dan variabel b diberikan nilai awal 7.
Lalu cetak “Penjumlahan = “, cetak “Pengurangan = “, cetak “Perkalian = “, dan cetak “Pembagian = “. Akhiri program PL/SQL dengan end.

Sumber : https://blog-fiesta.com/