PENILAIAN PROSES (EVALUASI FORMATIF)

PENILAIAN PROSES (EVALUASI FORMATIF)

  1. Tes Lisan

Yaitu tes soal dan jawabannya menggunaakan bahasa lisan. Tingkat berfikir  untuk pertanyaan lisan di kelas yang cenderung rendah seperti pengetahuan dan pemahaman.[10]

Dimana dalam penilaian proses ini guru akan memebrikan sebuah pertanyaan kepada siswa satu persatu tentang materi hukum nun mati dan tanwin dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan ini guru akan mengetahui apakah siswa tersebut menguasai materi yang telah di berikan atau tidak.

  1. PENILAIAN HASIL TES (EVALUASI SUMATIF)
  2. Tes tertulis

Merupakan tes dalam bentuk tulisan, baik soal maupun jawabannya. Dalam menjawab soal siswa tidak harus selalu merespon dalam bentuk menulis kalimat jawaban, tetapi dapat juga dalam bentuk mewarnai, memberi tanda dan sebagainya. Tujuan Penggunaan Tes

Ø  Mendiagnosa siswa (kekuatan dan kelemahan),

Ø  Menilai kemampuan siswa (keterampilan dan pengetahuan atau pemahaman),

Ø  Memberikan bukti atas kemampuanyang telah dicapai,

Ø  Menyeleksi kemampuan siswa baik secara individu atau kelompok, dan

Ø  Monitoring standar pendidikan.[11]

 

baca juga ;