Pengertian Sistem Ekonomi Campuran

Pengertian Sistem Ekonomi Campuran

Pengertian Sistem Ekonomi Campuran

sistem ekonomi campuran ialah

suatu sistem ekonomi yang dimana pihak dari pemerintah dan swasta saling berkolaborasi saat menjalankan roda perekonomian di suatu negara.Dikatakan sistem ekonomi campuran karena merupakan campuran antara sistem ekonomi Liberal (kapitalis) dengan sistem ekonomi Komando (terpusat). Di dalam proses pelaksanaannya, sistem ekonomi ini mengizinkan pihak swasta untuk melakukan aktivitas perekonomian.

Tapi, terdapat campur tangan dari pemerintah di negara yang bersangkutan. Campur tangan pemerintah tersebut bermaksud supaya kegiatan ekonomi bisa memberikan manfaat nyata serta kemakmuran bagi masyarakat umum. Sistem ekonomi ini banyak diterapkan oleh negara-negara di dunia karena dianggap mampu mengatasi masalah perekonomian di masyarakat.

CIRI CIRI SISTEM EKONOMI CAMPURAN

Kita mampu mengenali sistem ekonomi ini dari karakteristik yang dimilikinya. Ciri-ciri sistem ekonomi ini antara lain pihak pemerintah dan swasta berperan aktif serta berkolaborasi dalam roda perekonomian. Pemerintah menyerahkan kebebasan kepada pihak swasta untuk melakukan kegiatan ekonomi. Tapi, pemerintah memberikan batasan dan juga bisa melakukan intervensi.

Pemerintah membentuk perencanaan, peraturan, serta kebijakan yang berhubungan dengan perekonomian. Kompetisi terjadi di pasar dalam garis yang wajar dan bersih dimana pemerintah ikut melakukan pengawasan. Sistem pasar akan menentukan jenis serta jumlah barang yang dibuat. Pemerintah menguasai semua sumber daya vital yang melibatkan kebutuhan hidup orang banyak. Pihak pemerintah dan swasta mempunyai kedudukan yang sama dalam kegiatan perekonomian.


Sumber: https://theonlinestate.com/robot-evolved-apk/