Pengertian Resiko Kepatuhan (compliance)

Pengertian Resiko Kepatuhan (compliance)

Pengertian Resiko Kepatuhan (compliance)

Resiko kepatuhan merupakan timbulnya kerugian baik langsung maupun tidak langsung yang diakibatkan oleh tidak dipatuhinya atau tidak dilaksanakannya peraturan perundangan dan ketentuan lainnya yang berlaku.[1] Kepatuhan terhadap perundangan dan ketentuan lainnya antara lain seperti ketentuan Kewajiban Pemenuhan Modal Minimum (KPMM), Kualitas Aktiva Produktif, Pembentukan Penyisihan  aktiva Produktif (PPAP), Batas Maksimum Pemberian Kredit (BMPK), risiko pasar terkait dengan ketentuan Posisi Devisa Neto (PDN), risiko strategis terkait dengan ketentuan  Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT) bank, dan risiko lain yang terkait dengan ketentuan tertentu.[2]

Risiko kepatuhan bertujuan untuk menentukan tingkat dan kecenderungan risiko kepatuhan (PBI no. 5/8/PBI/2003). Bank dapat menyusun dan menggunakan metoda valuasi terhadap probabilitas terjadinya risiko kepatuhan dan tingkat kerugian yang ditimbulkannya (severity). Metoda ini selanjutnya disebut Valuasi Risiko Kepatuhan. Proses valuasinya adalah sebagai berikut:

  1. Tentukan Presentasi peluang terjadinya (probability) bentuk-bentuk risiko kepatuhan.
  2. Memperkirakan nilai kerugian yang kemungkinan timbul jika bentuk-bentuk risiko tersebut terjadi (severity)
  3. Menetapkan tingkat dan kecenderungan risiko kepatuhan.

  1. Fungsi Kepatuhan

Fungsi Kepatuhan adalah serangkaian tindakan atau langkah-langkah yang bersifat ex-ante (preventif) untuk memastikan bahwa kebijakan, ketentuan, sistem, dan prosedur, serta kegiatan usaha yang dilakukan oleh Bank telah sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk sesuai dengan Prinsip Syariah (bagi Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah), serta memastikan kepatuhan Bank terhadap komitmen yang dibuat oleh Bank kepada Bank Indonesia dan/atau otoritas pengawas lain yang berwenang. Pokok pokok pengaturan Peraturan Bank Indonesia (PBI) dalam Pelaksanaan Fungsi Kepatuhan Pada Bank Umum adalah:

sumber :
https://mediakalimantan.co.id/aircraft-combat-1942-apk/