Pengertian Futures

Pengertian Futures

Pengertian Futures
Pengertian Futures
Kontrak futures merupakan perjanjian antara pembeli dan penjual yang berisi hal-hal berikut ini.
  1. Pembeli futures setuju untuk membeli sesuatu (suatu komoditi atau aset tertentu) dari penjual futures, dalam jumlah tertentu, dengan harga tertentu, dan pada batas waktu yang ditentukan dalam kontrak.
  2. Penjual futures setuju untuk menjual suatu komoditi atau aset tertentu kepada pembeli futures, dalam jumlah tertentu, dengan harga tertentu, dan pada batas waktu yang ditentukan dalam kontrak.
Jadi, kontrak futures adalah suatu kesepakatan kontrak tertulis antara dua pihak (pembeli dan penjual) untuk melakukan dan menerima penyerahan sejumlah aset atau komoditi dalam jumlah, harga, dan batas waktu tertentu.
Dalam kontrak futures, ada beberapa istilah penting yang perlu diperhatikan antara lain sebagai berikut ini.
  1. Sesuatu (komoditi atau aset) yang disetujui kedua pihak untuk dipertukarkan disebut dengan underlying asset.
  2. Tanggal yang ditetapkan untuk melakukan transaksi disebut dengan settlement date atau delivery date.
  3. Harga yang telah disepakati oleh kedua belah pihak yang berkepentingan untuk melakukan transaksi disebut dengan futures price.
  4. Pihak yang menyetujui kontrak untuk membeli aset yang menjadi patokan di kemudian hari disebut sebagai pemilik (owner) kontrak futures, atau dikatakan mengambil posisi long futures atau long position.
  5. Pihak yang menyetujui kontrak untuk menjual aset patokan tersebut di kemudian hari disebut sebagai penjual (seller) kontrak futures, atau disebut juga berada pada posisi short futures atau short position.
Kontrak futures mempunyai jarak waktu dengan settlement date yang berbeda satu dengan lainnya, ada yang sangat dekat, sedang ataupun jauh. Kedua belah pihak dalam kontrak futures dapat menunggu pelaksanaan kontrak futures sampai dengan settlement date, atau bisa juga keluar dari posisinya (melikuidasi posisi) sebelum settlement date dengan cara mengambil posisi yang berlawanan pada kontrak futures yang identik. Dalam arti, pihak pembeli atau penjual tidak bisa begitu saja membatalkan kontrak dan melarikan diri dari kewajibannya. Oleh karena itu, untuk membatalkan kontraknya, mereka harus mengambil posisi berlawanan, jika ingin melikuidasi posisi maka pembeli futures akan menjual kontrak futures yang identik, dan penjual futures akan membeli kontrak futures yang identik pula. Kontrak futures yang identik adalah kontrak futures yang mempunyai underlying dan settlement date yang sama.