Pengertian Dan Sejarah Perkembangan Departemen Luar Negeri

Pengertian Dan Sejarah Perkembangan Departemen Luar Negeri

Pengertian Dan Sejarah Perkembangan Departemen Luar Negeri
Pengertian Dan Sejarah Perkembangan Departemen Luar Negeri

Pengertian Departemen Luar Negeri

Departemen adalah unsur pelaksana pemerintah. Departemen dipimpin oleh Menteri yang berada di bawah dan bertnggung jawab kepada Presiden. Jadi, Departemen Luar Negeri adalah departemen yang mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan sebagian urusan pemerintahan di bidang politik dan hubungan luar negeri.

Sejarah Perkembangan Departemen Luar Negeri

Departemen Luar Negeri Indonesia tidak terlepas dari sejarah berdirinya negara Indonesia itu sendiri. Karena Salah satu Kementerian atau Departemen yang dibentuk adalah Departemen Luar Negeri dengan bapak Mr. Ahmad Soebardjo Djojohadisurjo sebagai Menteri Luar Negeri pertama Republik Indonesia.

Departemen Luar Negeri pada saat itu bertugas menjalankan diplomasi untuk mendapatkan simpati, dukungan dan pengakuan dari masyarakat internasional atas kemerdekaan Indonesia. Karena memiliki tugas utama menangani masalah luar negeri, Departemen Luar Negeri mewakili pemerintah Indonesia membuka perwakilan di negara lain. Susunan organisasi dan keanggotaan Departemen Luar Negeri.

Sejarah Perkembangan Kementerian luar negeri Indonesia terbagai atas tiga periode, yaitu, masa orde lama, masa orde baru dan masa reformasi.

a) Masa Orde Lama (1945-1950) :
Tugas utama Kemlu pada masa orde lama melalui diplomasi antara lain:
1. Mengusahakan simpati dan dukungan masyarakat internasional, menggalang solidaritas teman-teman disegala bidang dan dengan berbagai macam upaya memperoleh dukungan dan pengakuan atas kemerdekaan Indonesia
2. Melakukan perundingan dan membuat persetujuan :
· Persetujuan Linggarjati – pengakuan atas RI meliputi Jawa dan Madura
· 1948 Perjanjian Renville – pengakuan atas RI meliputi Jawa dan Sumatera
· 1949 Perjanjian KMB – Indonesia dalam bentuk negara Federal > 1950 Diplomasi Indonesia berhasil mengembalikan keutuhan wilayah RI dengan membatalkan Perjanjian Konferensi Meja Bundar (KMB)

Masa 5 tahun pertama kemerdekaan Indonesia merupakan masa yang menentukan dalam perjuangan penegakan kemerdekaan yang merupakan bagian sejarah yang menentukan Karakter atau Watak politik luar negeri Indonesia. Semangat Diplomasi Perjuangan yang memungkinkan Indonesia pada akhirnya meraih dukungan luas masyarakat internasional di PBB pada tahun 1950

b) Masa Orde Baru (1966-1998)
Tugas diplomasi Kemlu pada era orde baru yang menonjol antara lain :
1. Pengakuan Irian Barat
2. Pengakuan terhadap Indonesia sebagai negara kepulauan dalam perjuangan hukum laut – UNCLOS (United Nation Convention on Law of the Sea)
3. Meningkatkan Kerjasama ASEAN
4. Mencari Pengakuan internasional thd Timtim
5. Ketua Gerakan Non Blok untuk memperjuangkan kepentingan negara-negara berkembang
6. Ketua APEC dan G-15
7. Meningkatkan kerjasama pembangunan

c) Masa Reformasi (1998 – Sekarang)
Pada masa reformasi sekarang ini, tugas utama Kemlu diarahkan untuk :
1. Memagari potensi disintegrasi bangsa
2. Upaya membantu pemulihan ekonomi
3. Upaya peningkatan citra Indonesia
4. Meningkatkan kualitas pelayanan dan perlindungan WNI

Baca juga: