Pendidikan Agaama Mengenai Aqidah Islam

Pendidikan Agaama Mengenai Aqidah Islam

Pendidikan Agaama Mengenai Aqidah Islam

Pendidikan Agaama Mengenai Aqidah Islam
Pendidikan Agaama Mengenai Aqidah Islam

Arti Pendidikan Agama

Pendidikan Agama merupakan salah satu dari tiga subyek pelajaran yang harus dimasukkan dalam kurikulum setiap lembaga pendidikan formal di Indonesia. Hal ini karena kehidupan beragama merupakan salah satu dimensi kehidupan lain, tapi setiap individu warga Negara. Hanya dengan keterpaduan berbagai dimensi kehidupan tersebutlah kehidupan yang utuh, sebagaimana yang dicita-citakan oleh bangsa Indonesia, dapat terwujud.

Akhidah Islam

Aqidah Islam merupakan penutup akhidah bagi agama-agama yang pernah diturunkan Allah sebelumnya. Bersamaan dengan diutusnya Nabi Muhammad sebagai Rasul Allah yang terakhir. Al-Qur’an dan Sunnah telah menjelaskan hakikat akidah tersebut berkat prinsip-prinsipnya secara lengkap dan sempurna dalam bentuk keimanan kepada Allah, para malaikat, Kitab-kitab-Nya, para Rasul-Nya, hari akhir dan ketentuannaya (Qadha dan Qadhar).

A. Pengertian Akidah

Secara etimologis, akidah berasal dari kata aqada yang mengandung arti ikatan atau keterkaitan. Dan secara terminologis, akidah dalam Islam berarti keimanan atau keyakinan seseorang terhadap Allah yang menciptakan alam semesta beserta seluruh isinya dengan segala sifat dan perbuatan-Nya.

B. Pokok Bahasa Aqidah Islam

Sistem keyakinan atau akidah Islam , pada intinya dibangun diatas enam dasar keimanan yang lazim disebut Rukun Iman. Rukun iman tersebut sekaligus menjadi pokok bahasan akidah Islam yang meliputi : Iman kepada Allah, Para malaikat, Para Rasul, hari akhir dan ketentuannya (Qadha dan Qadhar)

C. Karateristik Aqidah Islam

Penjelasan tentang pokok bahasan aqidah islam diatas, menggambarkan bahwa aqidah islam pada dasarnya pada Al-Qur’an dan hadits, kemudian dikembangkan dengan dalil-dalil akal dan disuburkan dengan pola pikiran filsafat dengan unsure-unsur lainnya.
Karateristik aqidah islam tersebut, seperti yang dijelaskan : pemikir islam kontemporer; Yusuf Al Qordhowi adalah:
1. Jelas dan sederhana
2. Sesuai dengan fitrah manusia
3. Kokoh
4. Argumentasi
5. Moderat

D. Fungsi dan Peran Aqidah

Aqidah sebagai ketentuan-ketentuan dasar mengenai keimanan, sebab orang merupakan landasan babi ketentuan ajaran islam lainnya, yang merupakan pedoman bagi seseorang untuk berinteraksi antara sesame. Oleh karena itu aqidah tak hanya berfungsi sebagai ukuran atau patokan untuk mengukur perilaku seseorang dalam pikirannya.
Aqidah mempunyai peran dan implikasi terhadap sikap dan perilaku terhadap seseorang, implikasi tersebut antara lain: dilihat dalam sikap pengarahan diri secara total kepada Allah SWT, dengan meniadakan kekuatn dan kekuasaan yang mendominasi dirinya, selain Allah SWT.

Baca Juga: