Manfaat TIK Sebagai Sumber Belajar

Manfaat TIK Sebagai Sumber BelajarManfaat TIK Sebagai Sumber Belajar

Di bidang pendidikan, Teknologi Informasi sangat membantu Siswa dalam mencari sumber belajar. Apa itu Sumber Belajar…? Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan oleh siswa untuk mempelajari bahan dan pengalaman belajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Berikut adalah Manfaat TIK sebagai Sumber Belajar adalah Sebagai Berikut:

Sumber Ilmu Pengetahuan

Sumber Ilmu Pengetahuan mengintegrasikan seluruh pusat referensi pembelajaran yang ada di muka bumi. contoh seorang dapat mengakses situs perpustakaan sekolah di negara lain untuk menemukan referensi yang dibutuhkan, dapat mencari bahan-bahan terbaik dan memperoleh contoh studi kasus melalui internet.

Tempat Bertemunya Para Pembelajar
Dengan adanya berbagai fasilitas dan aplikasi TIK seperti email, mailing list, chatting dan blogging dapat berfungsi sebagai tempat berdiskusi, berinteraksi dan bertukar pikiran tanpa harus beranjak dari tempat duduknya.

Menciptakan Inisiatif dalam Kegiatan Belajar Mengajar
Hal ini merupakan proses digitalisasi terhadap sumber daya pendidikan dan proses pendidikan telah melahirkan berbagai inisiatif dalam penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Sebagai contoh dengan memanfaatkan internet seorang mahasiswa dapat belajar menggunakan e-learning, e-library, e-research dan e-conference.

Alat Pendukung Mengatasi Keterbatasan Pancaindera
Hal ini dapat dijadikan sebagai pendukung pengajar maupun peserta didik mengatasi keterbatasan pancaindra dalam menyerap, mengolah, menyampaikan dan mengimplementasikan berbagai ilmu pengetahuan menjadi objek pembelajaran.

Bagian yang Tidak Terpisahkan dari Kerangka Kurikulum
Sebagai komponen atau bagian yang tak terpisahkan dari kerangka kurikulum dan metode pendekatan belajar mengajar yang disusun. Salah satu strategi pembelajaran berbasis kompetensi adalah dengan mengimplementasikan beragam.

Penyeimbang Gaya Belajar
sebagai alat yang bermacam-macam pengajar dan peserta didik, kostumisasi terhadap bahan ajar dan metode pendekatan pembelajaran agar menjadi semakin efektif. Dalam konteks inilah maka setiap peserta didik dipersilahkan dan dimungkinkan untuk referensi dan bahan ajar.

Pengelolaan Institusi Pendidikan
Mengarah pada unsur pengelolaan intitusi pendidikan, seperti sekolah dan kampus. TIK sebagai teknologi penunjang manajemen operasional intitusi pendidikan agar pengolahan berbagai sumber daya yang dimiliki dapat terjadi secara efektif, efisien, optimal dan terkontrol dengan baik.

Pengelola intitusi pendidikan
Yakni ditujukan bagi para pimpinan dan pengelola intitusi sebagai pemegang otoritas tertinggi dalam pengambilan keputusan. Melalui penerapan aplikasi seperti MIS (Management Information System), DSS (Decision Support System), TIS (Transactional Information System), data warehouse, dashboard, dan sejenisnya.

Menjadi Infrastruktur Penting Institusi Pendidikan
TIK harus dapat menjadi salah satu infrastruktur penting yang dimiliki oleh institusi pendidikan. Kaitannya dalam hal ini, sebuah sekolah atau kampus harus memiliki koneksi transmisi data dengan cara terhubung langsung ke infrastruktur, telekomunikasi, baik melalui jalur terestrial, kabel laut maupun satelit.

Mengubah Institusi Pendidikan Menjadi Pusat Unggulan
Untuk mengubah institusi pendidikan yang telah menerapkan sebagian atau keseluruhan peran TIK tersebut menjadi sebuah pusat unggulan (center of excellence) bagi lembaga-lembaga pendidikan sejenis lainnya.

 

Sumber: https://desaingrafis.co.id/ada-bahasa-indonesia-di-peluncuran-global-samsung-galaxy-note-8/