Manajemen Produksi

Manajemen Produksi

  1. Pengertian Manajemen Produksi

Manajemen Produksi adalah rangkaian kegiatan yang terencana dan terkendali dalam rangka mengubah input menjadi output,dan melakukan evaluasi terhadap output melalui umpan balik.Dari pengertian ini terdapat dua hal penting yang mendapat perhatian dalam manajemen produksi,yaitu perancangan sistem produksi dan pengendalian sistem produksi.

  1. Perancangan Sistem Produksi
  2. Rancangan Produk (Jasa). Rancangan produk dipelajari oleh bagian produksi untuk mengetahui berbagai aspek yang berkaitan dengan proses produksi.
  3. Volume Produksi. Manajemen harus mempertimbangkan kapasitas produksi yang dimiliki.
  4. Proses Produksi.Ketika merancang sistem produksi,manajemen harus mempertimbangkan proses produksi yang paling efesien.
  5. Lokasi dan tata letak.Setelah proses produksi dipilih,langkah selanjutnya adalah merancang lokasi dan tata letak dari proses produksi. Lokasi dan tata letak didesain sedemikian rupa sehingga efesien.
  6. Rancangan pekerjaan. Tahap akhir dari perancangan sistem produksi adalah menentukan pembagian kerja,membuat standar kerja dsb.

 

  1. Pengendalian Sistem Produksi

                    pengendalian sistem produksi berkaitan dengan dua masalah utama manajemen operasi ,yaitu masalah mutu dan persediaan.

1)      Pengendalian Mutu.Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menjaga supaya mutu barang tetap terjamin yaitu :

  1. Bahan baku (Input) yang digunakan harus bermutu.
  2. Penggunaan teknologi maju untuk menjamin mutu.
  3. Penetapan tanggal produk .
  4. Pengepakan (pengemasan) yang baik untuk mempertahankan mutu barang menarik perhatian konsumen.

2)       Manajemen Persediaan. Berhasil tidaknya perusahaan menjual barang dalam banyak hal bergantung pada ada persediaan.Oleh karena itu,harus dipikirkan berapa jumlah persediaan yang ideal agar perusahaan beroperasi secara efesien dan efektif. Kejadian yang harus dihindari adalah pada saat ada pesanan,perusahaan tidak mempunyai persediaan barang . Penanganan yang terbaik adalah menggunakan penghitungan jumlah persediaan yang efesien (Economic Order Quantity),peramalan kebutuhan persediaan yang tepat ,mengkontrol persediaan secara ketat.

 

submer :
https://henri-bienvenu.com/alpha-beta-apk/