Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan

            Manajemen keuangan adalah manajemen yang berhubungan dengan langkah untuk mendapatkan dana yang dibutuhkan dan bagaimana penggunaannya dalam perusahaan. Hal-hal yang berkaitan dengan manajemen keuangan yaitu :


  1. Sumber dana

Sumber dana dapat berasal dari persahaan dan dari luar perusahaan.

1)      Dana dari dalam perusahaan. Perusahaan dapat memperoleh dana dari perusahaan dengan kebijakan menahan pembagian dividen. Para manager keuangan harus dapat memberi argumentasi kepada pemegam saham agar sebagian keuntungan perusahaan disisihkan  untuk memperbesar dana yang sudah ada.

3

2)      Dana dari luar perusahaaan .Perubahan dapat memperoleh dana dari luar seperti modal,pinjaman dari bank,dan sumber-sumber lainnya.Dana dari luar perusahaan dapat berbentuk modal perusahaan dan pinjaman. Jika perusahaan menarik dana dengan cara menjual saham, dana tersebut menjadi modal sendiri.

  1. Penggunaan dana

Dana itu dapat digunakan untuk hal-hal berikut.

1)      Penanaman modal jangka pendek. Penanaman modal jangka pendek diwujudkan dalam usaha-usaha bersifat sementara,seperti pembelian surat berharga,tabungan dan penanaman modal lainnya. Karena sifatnya jangka pendek ,pembelian surat berharga harus dalam bentuk yang cepat dijual kembali. Jika dalam bentuk tabungan di bank,dana tersebut harus dapat dicairkan kapan pun saat dibutuhkan.

2)      Penanaman modal jangka panjang.Penanaman modal jangka panjang diwujudkan dalam usaha-usaha yang bersifat permanen ,seperti pembangunan gedung bertingkat atau pemberian pinjaman dengan jangka waktu pengembalian lebih dari satu tahun. Penanaman modal seperti itu harus dilakukan dengan hati-hati karena jika terjadi kesalahan akan sulit diperbaiki.

 

bacca jga  :