KOMPONEN YANG HARUS DISUSUN DALAM MANAJEMEN BISNIS

KOMPONEN YANG HARUS DISUSUN DALAM MANAJEMEN BISNIS

KOMPONEN YANG HARUS DISUSUN DALAM MANAJEMEN BISNIS

Semua bisnis yang sedang berjalan

atau dalam perencanaan harus menjelaskan elemen usahanya. Hal tersebut bertujuan agar mempermudah evaluasi dan penilaian terhadap target. Deskripsi dari elemen dalam bisnis mulai dari bentuk bisnis, lokasi, konsep, target pasar, produk barang atau jasa. Disamping itu menjabarkan biaya operasional, keuntungan, kerugian, dan sistem kerja bisnis.

Komponen pertama yang menjadi penyusun dalam manajemen bisnis adalah analisa pesaing. Pelaku usaha biasanya melakukan analisa terhadap pesaingnya untuk memberikan gambaran strategi bisnis. Analisa pesaing dilakukan terhadap barang atau jasa yang dijual hingga pelanggan dari kompetitor. Analisa ini sangat membantu pelaku usaha untuk membuat terobosan baru.

Komponen kedua yang harus disusun adalah laporan keuangan. Dengan laporan keuangan pelaku bisnis atau perusahaan dapat membuat evaluasi terhadap pencapaian target. Laporan keuangan tidak selalu sulit dan dapat dibuat sederhana asalkan mendetail.  Selain itu laporan, pelaku bisnis atau perusahaan juga harus mebuat rencana keuangan guna mengatasi segala kemungkinan masa depan.

Komponen ketiga adalah menjaga kualitas barang dan jasa yang diperdagangkan. Komponen ini menjadi sangat penting untuk menjaga pelanggan agar tetap membeli barang produsen. Sebab kepuasan dan kenyamanan pelanggan berpengaruh terhadap jalannya bisnis. Barang atau jasa yang berkualitas tidak akan kalah dengan yang ada di pasaran lainnya.

Komponen terakhir adalah strategi pemasaran yang harus disusun dengan baik. Agar menemukan potensi keberhasilan memasarkan produk di pasaran. Strategi pemasaran meliputi biaya, promosi produk, target promosi, tempat promosi, dan media promosi. Semuanya harus dibuat rencana anggaran serinci mungkin. Agar dapat mempermudah evaluasi dan membuat rencana cadangan.


Sumber: https://www.inntrance.net/patchwork-apk/