Komentari kasus Huawei, duta besar Kanada untuk China dipecat

Komentari kasus Huawei, duta besar Kanada untuk China dipecat

Komentari kasus Huawei, duta besar Kanada untuk China dipecat

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada Sabtu (26/1) waktu setempat, meminta duta besar Kanada untuk China agar mengundurkan diri, beberapa hari setelah diplomat itu melontarkan kritik atas permintaan ekstradisi Amerika Serikat (AS) untuk pimpinan Huawei.

Komentar McCallum terkait Meng Wanzhou menjadi berita utama dalam

beberapa hari terakhir. Pimpinan keuangan Huawei itu ditangkap di Vancouver pada 1 Desember dan menghadapi ekstradisi ke Amerika Serikat.

“Tadi malam saya meminta dan menerima pengunduran diri John McCallum sebagai Duta Besar Kanada untuk China,” kata Trudeau dalam sebuah kesempatan, tanpa menjelaskan latar belakang keputusan itu, dilansir AFP, Minggu.

Meng dituduh melakukan kebohongan untuk berbisnis dengan Iran yang

tengah menjalani sanksi dari AS. Meng kemudian dibebaskan dengan jaminan, namun penangkapannya terlanjur memicu krisis diplomatik antara Ottawa dan Beijing.

Baca juga: AS bela Kanada mengenai penangkapan CFO Huawei

Pada Selasa (22/1), McCallum berbicara singkat kepada anggota parlemen mengenai nasib dua warga Kanada yang ditahan di China, dan satu orang yang terancam hukuman mati, yang dipandang sebagai tindakan pembalasan oleh Beijing.

Setelah pembicaraan itu, dia berkomentar negatif atas permintaan ekstradisi

AS kepada media berbahasa China di Markham, Ontario.

Dia mengutip komentar politik Presiden AS Donald Trump atas kasus tersebut sebagai “aspek ekstrateritorial” karena dalam kasus Meng ada fakta bahwa Kanada tidak menandatangani sanksi Iran sehingga Washington menginginkan ekstradisi itu.

 

Baca Juga :