Khalifah Ali bin Abi Thalib

Khalifah Ali bin Abi Thalib

\Khalifah Ali bin Abi Thalib

ü  Masa pemerintahannya hanya 6 tahun.

ü  Pada masa pemerintahannya, Khalifah Ali bin Abi Thalib menghadapi berbagai pergolakan.

  1. Khalifahan Ummayah

Setelah kedudukan khalifah dikuasai oleh kluarga Umayyah (661-750 M). Pusat kekuasaan negara Islam dipindahkan keluar Jazirah Arab, yaitu ke Syria(Damaskus). Pada masa-masa ini, dasar-dasar demokrasi Arab lenyap, karena jabatan khalifah dipegang secara turun temurun. Hidup khalifah sama dengan hidup raja dengan kekuasaannya yang mutlak.

Wilayah kekuasaaan negara islam pada masa ini meliputi wilayah yang sangat luas. Ke sebelah barat sampai ke daerah spanyol dan ke sebelah timur kedaerah Pakistan dan Asia Tenggara. Perluasan wilayah ini dilakukan oleh :

ü  Musa memimpin tentara Islam menyerbu kearah baratmenyusuri daerah Afrika Utara sampai Maroko. Perjalanan ini dilanjutkan oleh Tarik dan berhasil menduduki semenanjung Iberia serta menguasai Spanyol (712 M)

ü  Muhammad Kasim berhasil menduduki daerah lembah sungai Shindu (721M)

ü  Maslama memimpin tentara Islam menyerang konstatinopel tetapi trapserangan dapat dipukul mundur. Baru ada tahun 1453 M konstatinopel dapat dikuasai.

Pada tahun 750 M, terjadi perebutan kekuasaan terhadap keluarga Ummayah yang dilakukan oleh golongan Abbasiyah dalam perebutan kekuasaan itu, hampir seluruh keluarga Ummayah dimusnahkan. Hanya seorang yang berhasil meloloskan diri, yaitu Abdur Rachman.

  1. Kekhalifahan Abbasiyah

Pada masa ini pusat kekhalifahan dipinahkan dari Damaskus ke Bagdad. Kekhalifahan Abbasiyah (750-1258 M) mengalami perkembangan yang cukup pesat dan pada masa pemerintahan Harun Al Rasyid (786-809 M) mencapai puncak yang gemilang. Hal ini tak lepas dari :

 

sumber :

https://grupoamayatelleria.com/emma-the-cat-apk/