Kepsek Dituntut Atur Keuangan dengan Benar

Kepsek Dituntut Atur Keuangan dengan Benar

Kepsek Dituntut Atur Keuangan dengan Benar

Kepala sekolah SMA/SMK dituntut untuk mampu mengatur keuangan sekolah

dengan benar agar tidak menggangu jalannya proses pendidikan.

“Jika dalam pengelolaan dana itu benar, maka proses jalannya pendidikan pastinya akan baik,” ujar Kepala Cabang Dinas Wilayah III, Hery Pansila.

Hal itu dikatakan Hery, disela sosialisasi Tata Kelola Penggunaan Dana di Masing-masing Sekolah di Aula SMAN 1 Kota Bekasi, Selasa (25/6). Kegiatan ini diikuti oleh 37 kepala sekolah SMAN/SMKN se-Kota Bekasi.

Lebih lanjut Hery mengatakan, sosialisasi ini penting diberikan oleh kepala

sekolah agar mereka dapat memahami penggunaan anggaran pendidikan sesuai dengan ketentuan peraturan. Dengan demikian, tak ada kecurangan penggunaan anggaran.

“Seharusnya kepala sekolah paham bahwa jika ditemui adanya kecurangan didalam itu, maka semua itu akan ada tindak pidananya,” kata Hery.

Dalam sosialisasi tersebut, kepala sekolah diantaranya mendapatkan edukasi

seputar penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS), maupun dana sumbangan dari Inspektur Pembantu Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Inspesktorat Jawa Barat Mohamad Yudi Ahadiat. Yudi menegaskan, penggunaan dana BOS maupun dana sumbangan harus dikoordinasikan oleh KCD Wilayah III.

“Semua itu harus sesuai dengan peraturan yang sudah ada sehingga tidak ada lagi dana-dana yang di pakai yang tidak tahu kemana arahnya, semua harus benar-benar jelas,” tegasnya.

 

Baca Juga :