Kemiskinan

Table of Contents

 Kemiskinan

Kemiskinan membuat kesehatan fisik memburuk, kemampuan kognitif atau kecerdasan berkurang atau tidak berkembang optimal, kemampuan akademis menurun, putus-sekolah, gangguan jiwa dan meningka.nya perilaku anti sosial atau kenakalan. (Poulton dkk., 2000; Secombe, 2002; dalam Berk, 2005). Selain anak maka stres yang muncul secara terus menerus akibat kemiskinan ini membuat orang tua menjadi depresi, mudah marah, mudah tersinggung dan pada akhirnya akan mengganggu perkembangan anak.

  1. Perbedaan Budaya

Bila kita cermati, maka di seluruh dunia ini amat banyak perbedaan-perbedaan yang dapat kita amati, mengenai bagaimana cara-cara setiap budaya memperlakukan bayi-bayi yang baru lahir.

Hampir semua bangsa, melalui sistem pendidikan di sekolah, secara disadari maupun tidak cenderung menekan anak-anak, agar mereka mematuhi nilai-nilai budaya yang berkembang dalam masyarakatnya. Bila mereka tidak patuh pada nilai-nilai tersebut, maka hukuman atau “label” tertentu akan diberikan pada anak tersebut.

Penelitian yang panjang dilakukan oleh banyak peneliti untuk melihat faktor-faktor apa yang dapat melindungi seorang anak dari kerusakan yang ditimbulkan sebagai akibat dari lingkungan yang penuh dengan tekanan. Ditemukan adanya empat faktor utama, yaitu:

1) Karakteristik Pribadi (Persona! characteristics)

  1. Pengasuhan yang Penuh Kehangatan
  2. Dukungan Sosial di luar Keluarga Inti
  3. Masyarakat yang Peduli

sumber :

Earth And Legend 2.1.5 Apk + Mod (Money/Premium)