Isi Kotak Seserahan Bagi Calon Pengantin

Isi Kotak Seserahan Bagi Calon Pengantin

Isi Kotak Seserahan Bagi Calon Pengantin
Isi Kotak Seserahan Bagi Calon Pengantin

Pada dasarnya, seserahan pernikahan adalah

sebuah simbol bahwa calon pengantin pria telah bertanggung jawab sepenuhnya dan telah menyanggupi untuk memberi nafkah terhadap kebutuhan rohani dan jasmani calon pengantin wanita.

Sehingga, sah-sah saja jika pengantin wanita meminta barang tertentu untuk dijadikan seserahan. Bahkan, calon pengantin wanita diperbolehan untuk ikut menemani pria berbelanja seserahan. Agar barang yang dibeli sesuai dengan kebutuhan si calon.

 

Perlengkapan Beribadah

Perlengkapan pernikahan kiranya disesuaikan dengan kepercayaan masing-masing. Jika kalian menganut agama muslim maka isi seserahan antara lain Al-Quran, mukena dan sajadah.

Sedangkan, untuk kalian yang beragama Kristen, isi seserahan dapat berupa alkitab. Dan agama lain bisa menyesuaikan dengan kepercayaannya masing-masing.

Perlengkapan ibadah merupakan salah satu hal terpenting yang harus kalian sertakan dalam isi seserahan. Karena hal ini bertujuan untuk mengingatkan calon mempelai bahwa pernikahan telah diteguhkan di hadapan Sang Pencipta.

 

Seperangkat Perhiasan

Setelah perlengkapan beribadah, kalian dapat memasukkan seperangkat perhiasan seperti cincin, kalung, dan anting-anting yang terbuat dari emas atau berlian.

Ini bertujuan untuk memberikan makna kepada calon mempelai wanita untuk selalu bersinar dalam kehidupannya.

Jumlah dan berat dari perhiasan tentunya disesuaikan dengan kemampuan calon pengantin pria.

3. Sepatu

Sepatu memiliki makna tersendiri dalam kotak seserahan, yaitu agar kedua mempelai siap untuk menapaki kehidupan pernikahan bersama.

4. Tas
isi seserahan

Selain sepatu, barang lain yang disukai oleh wanita adalah tas. Biasanya, calon pengantin wanita lebih menyukai tas branded, namun pemilihan tas branded tidak diharuskan.

Melainkan dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan serta kemampuan membeli.

Kotak hadiah

5. Set Pakaian Wanita
isi seserahan
Sumber Gambar: Rich Club Girl
Set pakaian ini biasanya berupa pakaian tradisional seperti kebaya dengan kain. Namun, kalian dapat menggantinya dengan dress, setelan kemeja bahkan pakaian kerja.

6. Pakain Dalam
isi seserahan pernikahan
Sumber Gambar: Bonjean
Untuk pakaian dalam, isinya dapat berupa satu set pakaian dalam, lingerie maupun baju tidur. Biasanya, calon pengantin wanita akan membeli sendiri pakaian dalam yang diinginkan, lalu diberikan kepada calon pengantin pria untuk disusun dalam kotak seserahan.

Saat menyusun pakaian dalam dalam kotak seserahan, usahakan untuk melipatnya dalam bentuk yang tertutup agar tidak terlihat vulgar.

Baca Juga :