Cara Masuk Safe Mode Windows 10

Cara Masuk Safe Mode Windows 10

cara masuk windows 10

Banyak untuk mendapatkan keinginan atau cita cita, nah begitu juga dengan hal nya system komputer. Untuk mengatasi masalah kerusakan pada system komputer tidak hanya dengan cara install ulang atau repair windows saja. Akan tetapi kamu bisa menggunakakan mode safe mode untuk atasi kerusakan windows.
Jika kamu pertama kali masuk melalui mode safe mode tentunya akan terlihat perbedaan yang beda ketika kamu menggunakan windows dengan mode safe mode. Karena waktu kamu masuk menggunakan mode safe mode akan ada beberapa sofware atau driver yang dinonaktifkan, artinya yang hanya seperlunya saja diaktifkan ketika kamu masuk lewat mode safe mode.
Cara-Masuk-safe-Mode-Windows-10

Apa itu Safe Mode

Apa itu Safe Mode Pada Windows di komputer/Laptop. Safe Mode adalah jalan pintas atau jalan alternatife ketika kita tidak bisa masuk ke system windows secara normal (menggunakan komputer windows seperti biasanya), safe mode juga banyak dipilih untuk cara aman oleh pengguna komp[uter untuk mengatasi masalah atau kerusakan pada system windows. Cara masuk safe mode windows ini dipilih karena lebih aman untuk masuk pada system windows secara mode aman. Menggunakan safe mode pada windows adalah cara menyelesaikan masalah dalam kondisi darurat dengan aman.
Bagi kamu yang sudah sering bergelut dengan komputer tentunya pernah mendengar dan melakukan perintah safe mode.Pada saat kamu mengakses safe mode,maka sistem operasi windows secara otomatis akan mematikan atau menonaktifkan semua program atau driver yang tidak digunakan ketika mode ini diakses. Artinya waktu kamu masuk dengan safe mode maka driver atau program yang perlu saja diaktifkan. Hal ini tentunya bertujuan untuk mempermudah pengguna untuk menemukan masalah kerusakan pada windows saat masuk menggunakan mode safe mode.

Mode Safe Mode Terbagi menjadi Tiga Bagian

  • Safe Mode
Pada safe mode ini windows hanya berjalan dengan menggunakan mode aman yang tidak menjalankan driver,sofware maupun program yang sekiranya tidak terlalu penting. Artinya mode safe mode ini hanya akan mengaktifkan fitur yang diperlukan saja
  • Safe Mode With Networking

Pada pilihan safe mode with Networking ini windows juga akan berada dalam mode aman, akan tetapi system operasi tetap menggunakan driver jaringan untuk mengakses komputer untuk terhubung dengan jaringan

  • Safe mode With Command Prompt
Ketika kamu menggunakan atau masuk melalui safe mode with command prompt windows juga tetap berjalan dalam mode aman, akan tetapi kamu akan melihat jendela command prompt. Biasanya untuk menggunakan perintah command prompt adalah orang orang yang ahli dalam bidang program, karena perintah yang digunakan adalah bahasa program.

Bagaimana cara masuk safe mode

Biasanya menggunakan safe mode bertujuan untuk dapat mendeteksi kerusakan, memperbaiki kerusakan system,menghapus virus, menjalankan chekdisk, menjalankan system restore, dan lain lain. Cara masuk safe mode windows 10 sangat mudah kok, kamu bisa ikuti langkah langkah masuk safe mode windows 10 berikut ini

Cara Masuk Safe Mode Windows 10

  • Klik Start
  • Lalu Klik Settings
  • Pilih Update & Security
  • Pilih “Recovery” lalu pilih “Restart Now
  • Setelah system restart, kamu akan masuk windows RE “Recovery”Environment” Lalu pilih “Troubleshoot
  • Kemudiaj pilih “Advanced Option
  • Pilih “start up Settings
  • Lalu klik “Restart
  • Lalu pilih “Enable Safe Mode” untuk masuk ke safe mode
  • Kamu juga bisa menggunakan cara lain masuk ke safe mode menggunakan tombol F4 pada keyboard
Pada windows yang lain selain windows 10 kamu juga bisa menggunakan tombol F8 pada keyboard untuk masuk safe mode. Akan tetapi tombol F8 untuk masuk Safe Mode pada windows 10 tidak berlaku, dengan kata lain ditiadakan dengan tujuan untuk memproses booting.
Cara lain masuk mode safe mode windows 10 adalah dengan menggunakan command prompt (Admin), Cara menggunakan command prompt untuk masuk mode safe mode adalah sebagai berikut
  • klik start
  • Pilih Command Prompt (atau kamu bisa mengetikan kata “Command Prompt) pad apencarian diatas Start”
  • Lalu ketikan perintah berikut pada kolom command prompt
bcdedit/set{default} bootmenupolicy legacy 
  • Kemudian tekan “ENTER” lalu Restart Komputer kamu
  • setiap kamu melakukan booting, maka bisa menekan tombol F8 untuk masuk ke menu mode safe mode.
  • Apabila kamu tidak ingin menggunakan tombol F8 atau ingin menonaktifkan tombol F8 untuk masuk ke safe mode. Maka bisa mengulangi langkah diatas (setelah mengetikan perintah pada warna merah diatas, lalu enter dan Tutup Jendela Command Prompt. Maka tombol F8 sudah tidak bisa digunakan untuk masuk ke safe mode lagi.
Silahkan cari informasi tambahan yang lebih akurat tentang cara masuk ke safe mode windows 10 apabila langkah alngkah yang ada dalam artikel blog ini kurang lengkap. Admin tidak bertanggung jawab apabila terjadi masalah pada komputer / laptopmu setelah mengikuti langkah diatas. Banyak maaf jika ada salah kata dalam penulisan artikel yang tidak disengaja.