Cara Identifikasi Dan Penanganan

Cara Identifikasi Dan Penanganan

  1. Wawancara

Cara identifikasi paling sering dilakukan untuk mendapatkan data apakah seorang anak berada dalam perkembangan nonormatif atau normatif biasnya dilakukan melalui wawancara. Wawancara dapat ditujukan kepada anak yang bersangkutan (bila sudah dapat mengemukakan ide-idenya dengan jelas), orang tua, pengasuh atau orang-orang lain di sekitar anak yang memiliki makna baginya.

  1. Kuesioner

Menyusun item untuk membuat kuesioner haruslah cermat dan berdasarkan landasan teori yang jelas. Bila item yang di adaptasi berasal dari budaya yang berbeda, maka adaptasi harus memiliki validitas dan reliabilitas yang baik. Kuesioner ini dapat diisi langsung oleh orang tua, ataupun ditanya oleh pihak yang berkepentingan.

  1. Observasi

Observasi adalah mengamati perilaku yang menjadi target. Patut diingat bahwa yang akan dicatat adalah perilaku, sehingga hindari memberi kesimpulan atau interpretasi dari perilaku yang akan diamati. Melalui wawancara dan pembuatan kuesioner diharapkan dapat diperoleh informasi yang berkaitan dengan sejarah perkembangan anak dan latar belakang keluarganya.

sumbe r:

Chimeras: Cursed and Forgotten Collector’s Edition 1.0 Apk