Cara Budidaya Ikan Sepat yang Paling Mudah

Cara Budidaya Ikan Sepat yang Paling Mudah

Cara Budidaya Ikan Sepat yang Paling Mudah

Cara Budidaya Ikan Sepat yang Paling Mudah
Cara Budidaya Ikan Sepat yang Paling Mudah

Bagaimana cara membudidayakan ikan sepat? Ikan sepat ialah ikan air tawar yang tergolong di dalam marga Trichogaster dan anggota suku gurame-guramean (Osphronemidae). Ikan ini biasanya dimanfaatkan untuk keperluan konsumsi, kendati tidak sedikit pula yang juga sering dijadikan sebagai ikan hias. Beberapa jenis ikan sepat yang cukup populer di antaranya ikan sepat rawa, ikan sepat siam, dan ikan sepat mutiara.

Ikan sepat tersebar mulai dari Indonesia hingga ke Malaysia dan Thailand. Ikan ini akan tumbuh dengan optimal bila berada di air yang ber-pH sekitar 6,5 hingga 7. Temperatur air yang disukainya berkisar antara 26-28 derajat celsius. Ikan sepat memiliki warna biru muda bercampur violet terperinci dan kehitam-hitaman, serta bisa tumbuh hingga mencapai panjang maksimal 20 cm.

Bagaimana cara membudidayakan ikan sepat Simak Cara Budidaya Ikan Sepat yang Paling Mudah

Media Pemeliharaan

Pembudidayaan sepasang ikan sepat indukan dapat dilakukan memakai media pemeliharaan berupa akuarium atau kolam. Ukuran media yang dipakai setidaknya bisa menampung air sebanyak 60 liter. Parameter air yang perlu diperhatikan ialah suhu 24-28 derajat celsius serta pH 6-7. Pilihlah ikan sepat indukan yang telah berusia cukup umur sekitar 7 bulan dan sudah matang gamet.

Pemilihan Indukan

umpan ikan mas – Cara membedakan jenis kelamin ikan sepat tidak begitu sulit kok. Ikan sepat jantan berbentuk lancip memanjang dan mempunyai sirip punggung yang panjang hingga mencapai dasar pangkal sirip ekor. Sedangkan ciri-ciri ikan sepat betina yaitu berbentuk membulat dan pendek dengan dasar pangkal sirip ekor yang rendah. Khusus untuk ikan sepat yang akan dijadikan sebagai ikan hias, pilih indukan yang mempunyai warna cerah.

Pemijahan Ikan

Akuarium yang akan dijadikan daerah pemijahan perlu dilengkapi dengan tanaman air sebagai daerah untuk meletakkan telur. Prosesnya dimulai dari ikan sepat jantan yang akan sarang busa/gelembung air sebagai daerah memijah dan menyimpan telur. Setelah telur dikeluarkan oleh ikan betina dan dibuahi dengan sempurna, ikan jantan akan merawat telur tersebut. Mengingat kedua indukan ikan sepat sangat setia dalam merawat anak-anaknya, pemisahan indukan tersebut hanya boleh dilakukan setelah larva ikan berumur seminggu dan sudah bisa berenang.

Perawatan Larva

Telur ikan akan menetas lalu bermetamorfosis larwa sepat selama kurang lebih 24 jam. Seminggu kemudian, burayak sepat akan mulai aktif berenang, sehingga indukannya harus segera dikeluarkan dari daerah tersebut agat tidak menyerang anak-anaknya. Makanan ikan sepat anakan yang mengagumkan menyerupai udang renik, cacing sutera, dan pelet khusus.

Pembesaran Burayak

Pemeliharaan burayak ikan sepat pada dasarnya tidak terlalu sulit. Sama menyerupai ikan gurame, ikan ini mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Perangainya yang jinak juga memungkinkan ikan sepat dipelihara dalam sebuah wadah yang besar secara bersama-sama. Untuk menekan biaya pakan, Anda bisa membuatnya sendiri dengan metode yang pernah kami ajarkan di sini.

Salam Mancing Mania Semoga berhasil!