Cara Budidaya Ikan Mujair di Kolam Beton

Cara Budidaya Ikan Mujair di Kolam Beton

Cara Budidaya Ikan Mujair di Kolam Beton
Cara Budidaya Ikan Mujair di Kolam Beton
Bila Anda mau coba usaha yang memiliki keuntungan besar , coba budidaya di kolam beton. Buka usaha budidaya bisa membuahkan keuntungan yang relatif besar bahkan juga keuntungannya nyaris sama juga dengan membudidayakan ikan gurame. Ikan mujair adalah satu diantara yang hidup di air tawar serta kerap dikonsumsi. Histori penyebaran berawal di perairan Afrika , sedang di Indonesia pertama kalinya diketemukan oleh Pak Mujair di daerah muara sungai serang pantai selatan kota Blitar , Jawa Timur kurang lebih tahun 1939. Butuh Anda kenali bahwa tipe ikan mujair ini mempunyai kecepatan perkembangan cukup cepat jika dibanding dengan ikan tawar lain. Hingga untuk Anda mau melakukan bisnis mujair , hal itu adalah pilihan paling pas.

Budidaya Ikan Mujair

mempunyai panjang maksimum seputar 40 cm. Banyak pelaku bisnis ikan pilih membudidayakan mujair di media beton dari pada cara budidaya ikan mujair kolam terpal dikarenakan kemudahannya. Untuk membudidayakan ikan mujair dapat dikerjakan di beton dikarenakan kuat serta dapat menyimpan ikan mujair dalam jumlah yang banyak. Alasannya dikarenakan kolam beton daya tahannya lebih kuat hingga usia media beton dapat juga lama serta mempermudah memiliki dalam lakukan perawatan. Walau cara budidaya ikan mujair di media beton di buat cukup kuat walau demikian butuh perlakuan spesial supaya bibit-bibit tumbuh dengan optimal. Pada kolam beton barusan di buat , memiliki kandungan bahan kimia melekat pada dinding kolam , hingga jika kolam beton segera dipakai kemungkinan paling besar yaitu ikan dapat tercemar bahan kimia itu serta mati.

Persiapan Lahan Budidaya

umpan ikan bawal – Sesungguhnya bahan kimia yang ada di kolam beton barusan di buat lama kelamaan dapat hilang dengan sendiri. Walau demikian , memerlukan waktu yang relatif lama yakni seputar 4-6 bln. supaya kolam beton dapat dipakai untuk cara budidaya di media beton. Tetapi untuk Anda yg tidak sabar untuk memakai media beton tersebut buat membudidayakan ikan mujair , ada panduan yang dapat Anda kerjakan. Baiknya saat sebelum media berisi air serta mujair , Anda mesti meyakinkan terlebih dulu semen beton betul-betul kering serta keras. Anda juga mesti merendam media itu dengan isi air dengan cara penuh lantas dikuras tiap-tiap 3 hari dengan cara berkali-kali sepanjang 1 minggu. Supaya lebih singkat , Anda dapat menggunakan potongan batang pisang lantas digosok ke dinding serta dasar kolam sepanjang 2 hari serta media siap dipakai.

Ukuran Kolam Budidaya

Lakukan cara budidaya memanglah bebrapa mudah sulit seperti cara budidaya ikan gurame walau bebrapa mudah sulit keuntungan didapat dapat semakin banyak. Untuk pemula buat membudidayakan ikan mujair , baiknya diawali dengan bikin 2 kolam , media yang pertama memiliki ukuran 4x6x1 serta 1x1x0. 5 untuk kolam benih mujair. Sesudah kolam tak memiliki kandungan atau berbau zat semen pindahkan benih ikan ke media spesial benih dan sesudah 3 minggu benih mesti dipindahkan ke kolam pendederan. Baiknya pakan ternak memakai konsentrat atau bekatul supaya perkembangan ikan tambah lebih cepat. Umumnya cara budidaya ikan mujair di media beton siap panen berusia 4-6 bulan dengan memakai jaring atau dapat mengeringkan kolam namun masih tetap hati-hati lantaran sirip mujair tajam dan mudah menusuk jari.
Penjelasan tentang cara budidaya di kolam beton yang dapat Anda coba. Cara budidaya ikan ini memanglah relatif gampang seandainya sesuai sama prosedur serta memberi pakan baik untuk ikan mujair.