Cara Bekerja Menggunakan Microsoft Remote Desktop Saat WFH

Cara Bekerja Menggunakan Microsoft Remote Desktop Saat WFH

 

Cara Bekerja Menggunakan Microsoft Remote Desktop Saat WFH
Cara Bekerja Menggunakan Microsoft Remote Desktop Saat WFH

Pemerintah RI mengeluarkan kebijakan work form home (WFH) atau bekerja dari rumah guna meminimalisir penyebaran virus corona COVID-19 telah.

Hal ini tentu membuat sejumlah pekerja membutuhkan alat yang dapat digunakan untuk membantu dan menunjang pekerjaan mereka.

Fitur Remote Desktop Connection (RDC) dari Microsoft bisa menjadi salah satu pilihan. Fitur ini memungkinkan seseorang dapat terhubung dan bekerja dengan workstation atau komputer lain.

Dilansir dari PC Mag, dengan RDC pengguna dapat mengakses beberapa komputer dari jarak jauh melalui jaringan yang sama. Pengguna juga dapat menggunakannya untuk mengakses komputer di jaringan berbeda dengan internet.

Dengan fitur ini seseorang dapat mengendalikan komputer lain di perangkat yang sekarang digunakan.

Misalnya, mengakses semua program, file dan sumber daya jaringan komputer di kantor dari komputer di rumah.

Untuk memiliki sambungan ini, komputer yang dituju harus dalam keadaan menyala, memiliki koneksi jaringan, dan mengaktifkan fitur Remot Desktop Connection.

Para pengguna juga harus memiliki akses jaringan ke komputer tersebut. Jika menghubungkan melalui internet, pengguna harus memiliki izin untuk menghubungkannya.

Agar dapat terhubung, pengguna harus ada dalam daftar akses. Ada baiknya untuk mencari nama komputer yang ingin dihubungkan sebelum mulai menghubungkan.

Selain itu juga pastikan fitur Remote Desktop Connection telah diizinkan melalui firewall. Jika akun komputer tidak memerlukan kata sandi untuk masuk, maka pengguna harus menambahkan kata sandi sebelum diizinkan untuk memulai koneksi dengan komputer di kantor, sebagaimana ditulis Microsoft.

Berikut tata cara menggunakan Remote Desktop Connection untuk mendapatkan akses komputer di kantor selagi bekerja dari rumah.

Periksa koneksi jarak jauh pada komputer yang ingin disambungkan

1. Buka sistem dengan mengklik tombol Start, klik kanan Computer, lalu klik Properties

2. Klik pengaturan Remote. Jika Anda dimintai kata sandi atau konfirmasi administrator, ketikkan kata sandi atau berikan konfirmasi. Dibawah Remote Desktop, pilih salah satu dari tiga opsi.

3. Klik Select Users

– Jika Anda seorang administrator di komputer, akun pengguna Anda saat ini akan secara otomatis ditambahkan ke daftar pengguna jarak jauh dan Anda dapat melewati dua langkah berikutnya.

4. Di kotak dialog Remote Desktop Users, klik Add

5. Di kotak dialog Select Users atau Groups, ikuti langkah berikut

– Untuk menentukan lokasi pencarian, klik Location, lalu pilih lokasi yang ingin dicari
– Pada ‘Enter the object names to select’, ketikkan nama pengguna yang ingin ditambahkan, lalu klik OK
– Nama akan ditampilkan dalam daftar pengguna di kotak dialog Remote Desktop Users. Klik OK, kemudian klik OK sekali lagi.

Perbaiki Masalah Windows Firewall untuk Akses Remote Desktop Connection

Jika terdapat kendala saat menghubungkan yang kemungkinan disebabkan oleh firewall, berikut tata cara untuk mengatasinya.

1. Pada komputer jarak jauh, klik Start dan pilih Control Panel

2. Klik System and Security

3. Lalu klik Allow untuk mengizinkan program melalui Windows Firewall di bawah Windows Firewall

5. Kemudian klik Change untuk mengubah pengaturan lalu centang kotak di sebelah Remote Desktop

6. Klik OK untuk menyimpan perubahan

Memulai Remote Desktop di komputer tempat Anda ingin bekerja

1. Buka Remote Desktop Connection dengan mengklik tombol Start. Di kotak pencarian, ketik Remote Desktop Connection, dan kemudian, di daftar hasil, klik Remote Desktop Connection.

2. Di kotak Computer, ketikkan nama komputer yang ingin Anda sambungkan, dan kemudian klik Sambungkan. (Anda juga dapat mengetik alamat IP komputer.)

Di beberapa versi Windows ada sedikit perbedaan untuk meluncurkan fitur ini. Bagi pengguna Windows 10 Anda dapat membukanya dengan klik tombol Start, gulir ke bawah daftar aplikasi, buka folder Windows Accessories, dan klik pintasan untuk Remote Desktop Connection.

Sementara pada Windows 8.1, tekan tombol Win + S untuk meluncurkan

Search tool (kolom pencarian). Di kolom pencarian ketik windows remote desktop, lalu klik hasilnya.

Untuk Windows 7, klik tombol Start, buka folder Accessries, kemudian pilih pintasan untuk menemukan Remote Desktop Connection, demikian ditulis TechRepublic.

Baca Juga: