Buah Rekayasa Genetika Ini Unik

Buah Rekayasa Genetika Ini Unik

Buah Rekayasa Genetika Ini Unik
Buah Rekayasa Genetika Ini Unik

Buah Rekayasa Genetika Ini Unik Sampai Bisa Menipu Lidah dan Mata!

1. Lemato

Buah ini merupakan buah hasil rekasaya genetika tomat dan lemon. Beberapa pencampuran gen untuk menghasilkan tomat transgenic ini menghasilkan aroma bunga geranium.

2. Pineberry

Hayo tebak ini buah apa? Yang bilang strawberry salah lho. Yang udah pernah cobain pasti bilang ini nanas. Buah unik ini beneran bakal menipu lidah dan mata kalian. Buah putih kecil ini fisiknya sih mirip strawberry walaupun warnanya putih, tapi waktu digigit buah kecil ini punya rasa nanas .

3. Jerpaya

Buah Jerpaya merupakan hasil perkawinan silang antara papaya dan jeruk. Daun buah ini seperti daun buah jeruk, tetapi kulit buahnya seperti pepaya. Daging buahnya putih seperti daging papaya. Namun ketika dibelah ditengahnya akan ada bulir-bulir jeruk dan bijinya. Buah ini asli Indonesia .

4. Pluots

Pluots merupakan buah hasil rekayasa genetika dari buah plum dan apricot. Pliots sering juga disebut buah telur dinosaurus. Pluots terkenal dengan rasanya yang sangat manis dan juga memiliki tekstur kulit yang lembut. Kelebihan dari pluots, selain memiliki rasa manis, dan kandungan vitamin c tinggi, serta mengandung lycopene yang antioksidan, anthocyanins, potassium, dan lutein, juga dikenal sebagai buah yang tidak memiliki natrium, zat yang bisa meningkatkan kadar kolesterol. Karena itulah pluots dianggap sebagai buah sehat, tidak memiliki efek negatif bagi siapa saja yang mengkonsumsinya.

5. Nangkadak

Nangka dan cempedak, sebuah persilangan buah yang unik, menghasilkan buah yang manis, berkulit tebal dan aroma yang benar-benar menggoda. Pasti tak terbayangkan aromanya.Asli buah Indonesia.

6.Cucamelon

merupakan buah hasil rekayasa yang sungguh luar biasa, karena melibatkan tiga jenis buah, semangka, mentimun dan jeruk nipis. Ukuran buah seperti anggur, namun terlihat seperti semangka mini, dan rasanya seperti mentimun dan jeruk nipis. Tanaman penghasil cucamelon bisa dikembangkan dengan mudah. Bahkan bisa ditanam dalam pot dan di luar ruangan. Kelebihan dari cucamelon sangat kebal terhadap hama, tahan kering. Tanaman buah ini berasal dari Meksiko, dan sudah ada sejak berabad-abad. Cucamelon bisa dikonsumsi dalam berbagai cara, baik dikonsumsi langsung, dicampur salad, atau dicampur sebagai bahan koktail.

7. Tomtato

Perusahaan perkebunan Thomson dan Morgan adalah pencipta tanaman ini. Tanaman holtikultura ini penampakan fisik daun, batang dan buah nya memang seperti tomat tetapi siapa sangka di bagian akarnya tumbuh umbi kentang. Aneh kan tapi ini nyata.

8. Tomat Ungu

Tomat dikenal tidak bisa tahan lama. Karena mudah membusuk, ibu rumah tangga tak berani menyimpan tomat dalam jumlah banyak. Namun setelah mengalami rekayasa genetika, tomat bisa berumur lebih panjang dengan warna yang tidak lagi merah, melainkan ungu. Kelebihannya selain lebih tahan lama dari asalnya 21 hari menjadi 48 hari, juga memiliki kandungan nutrisi lebih baik. Salah satunya karena kandungan anthocyanin yang terkandung dalam tomat.

Professor, Cathie Martin dari The John Innes Centre Inggris, mengatakan, peneliti telah berhasil menemukan tomat dengan varietas lebih kaya rasa dan tahan lama dari hasil rekayasa genetika tersebut.

9. Grapple

Grapple merupakan hasil rekayasa antara apel dan anggur. Buah ini masih berbentuk apel, namun memiliki tekstur seperti anggur. Sedangkan rasanya merupakan campuran dari rasa kedua buah. Setelah mengalami rekayasa genetika, keunggulan dari grapple tidak hanya memiliki rasa baru, tapi kandungan nutrisi yang ada di dalamnya juga mengalami peningkatan. Grapple memiliki dosis vitamin c sangat tinggi, melebihi kandungan yang dimiliki apel dan anggur.

Todd Snyder of C&O Nursery di Washington, Amerika adalah produsen buah unik ini. Anthranilate metil kimia atau perisa anggur tersebut disuntikkan ke dalam buah apel untuk membuat apel ini punya cita rasa anggur.

 

Baca Artikel Lainnya: