Bisa Luncurkan Ponsel Firefox OS , Itu Harapan Sony di Tahun Depan

Bisa Luncurkan Ponsel Firefox OS , Itu Harapan Sony di Tahun Depan

Bisa Luncurkan Ponsel Firefox OS , Itu Harapan Sony di Tahun Depan

Firefox tampaknya mulai tertarik untuk mengembangkan teknologinya dalam operating system untuk perangkat mobile. Firefox lebih dikenal oleh pengguna internet sebagai browser yang cukup populer. Namun, nama ini akan segera hadir dalam teknologi smartphone dan Sony juga menunjukkan ketertarikannya untuk mengembangkan smartphone berbasis Firefox OS. Rencana ini belum bisa direalisasikan untuk tahun ini, tetapi Sony berharap produk barunya bisa diluncurkan di tahun depan. Seperti apakah konsep produk yang akan dikembangkan oleh Sony ini?

Sekitar seminggu lalu, Sony menyatakan minatnya untuk mengembangkan produk smarpthone berbasis Firefox OS. Bahkan, Sony akan mencoba prospek teknologi baru tersebut di tahun 2014. Tidak mudah untuk mengembangkan produk dengan konsep baru seperti smartphone berbasis Firefox OS ini dan Sony masih mempersiapkan para ahli yang nantinya akan berkontribusi dalam pengembangan serta pengujian sistem baru ini. Sebenarnya, Sony juga mendapatkan desakan untuk mengembangkan ponsel berbasis Windows OS, tetapi perusahaan ini masih berminat untuk mengembangkan Firefox OS. Kebijakan ini cukup beralasan karena Sony ingin menawarkan teknologi berbasis open web yang nantinya akan menarik minat banyak konsumen di negara berkembang. Perlu diketahui juga, tidak hanya Sony yang tertarik dengan teknologi baru dalam Firefox OS ini. Perusahaan besar lain seperti LG, Huawei, ZTE, dan Alcatel juga berminat untuk menyuntikkan sistem baru ini ke produk mereka.

Firefox OS adalah sistem operasi baru yang dikembangkan khusus untuk

smartphone. Produk ini diumumkan pada Mobile World Congress tahun ini yang diselenggarakan di Barcelona, Spanyol. Seperti OS lain pada umumnya, Firefox OS mampu mendukung smartphone untuk menjalankan berbagai tugas seperti mengirim pesan, menelepon, mengakses internet, dan fitur lainnya untuk berkomunikasi. OS ini nantinya akan didukung oleh banyak

aplikasi yang dapat diakses melalui Firefox Marketplace. Setiap OS

menyediakan tempat khusus bagi penggunanya untuk mendapatkan aplikasi pendukung. Google menyediakan PlayStore bagi pengguna setianya untuk mendapatkan ribuan aplikasi baik yang gratis atau berbayar. Firefox Marketplace sendiri akan menyediakan banyak aplikasi yang bisa

dikelompokkan dalam beberapa kategori. Bahkan, beberapa aplikasi populer

juga bisa dinikmati pengguna Firefox OS. Pasar untuk ponsel berbasis Firefox OS ini juga sudah ditentukan. Untuk gelombang pertama, produk ini akan dipasarkan di Brazil, Kolombia, Hongoria, dan beberapa negera lain. Di periode pertama tersebut, produk baru ini harus bersaing dengan produk lain dengan teknologi yang lebih familiar. Dibandingkan dengan popularitas Android atau iOS, Firefox OS ini masih belum dikenal banyak orang.

 

Baca Juga :