Berinovasi, UMS Kini Terapkan Sistem Kuliah Online

Berinovasi, UMS Kini Terapkan Sistem Kuliah Online

Berinovasi, UMS Kini Terapkan Sistem Kuliah Online
Berinovasi, UMS Kini Terapkan Sistem Kuliah Online

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

di Sukoharjo mulai menerapkan kuliah dengan sistem online.

Dengan sistem ini perkuliahan dapat dilakukan secara jarak jauh dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. Selain UMS ada sejumlah perguruan tinggi (PT) di lingkungan Muhammadiyah yang juga mulai menerapkan sistem perkuliahan online, seperti Universitas Muhammadiyah Prof Hamka, Jakarta dan juga Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nasir menjelaskan, bahwa sistem perkuliahan ini menjadi salah satu upaya untuk bisa bersaing dengan PT asing.

Mengingat, tidak lama lagi akan banyak PT asing yang masuk ke Indonesia

. “Sistem perkuliahan secara online dengan memanfaatkan teknologi ini lebih efektif dan efisien,” terangnya sebelum menjadi pembicara dalam kuliah online perdana yang diadakan di UMS, Kamis (1/2).

Haedar juga mengatakan, bahwa sistem pendidikan semacam ini juga menjadi salah satu langkah awal untuk Muhammadiyah dalam proses internasionalisasi gerakannya.

Haedar berharap, dengan berbagai kemajuan ini, Muhammadiyah bisa menjadi pelopor

gerakan modern Islam. Sehingga bisa memperbaharui alam pikiran dan melahirkan karya kemajuan yang belum ada. “Dan mungkin untuk saat itu masih dianggap tabu. Kami ini masuk ke dalam fase post modern,” ujar Haedar.

Selain tiga PT Muhammadiyah yang sudah menerapkan sistem online, rencananya sistem perkuliahan modern ini juga akan diterapkan di 176 PT di organisasi Muhammadiyah lainnya.

Sementara itu, Rektor UMS Sofyan Anif, mengatakan meski sebagai sistem yang modern, tetapi tidak semua mata kuliah bisa diajarkan melalui sistem ini.

“Selama ini perkuliahan masih dilakukan dengan bertahap muka (secara langsung) tapi dengan sistem ini tidak perlu lagi. Tapi tentunya tidak semua mata kuliah bisa menggunakan sistem online,” ungkapnya.

 

Sumber :

https://dcc.ac.id/blog/puisi-lama/