Bekebun pisang kepok menambah penghasilan

Bekebun pisang kepok menambah penghasilan

Bekebun pisang kepok menambah penghasilan

Jika kita termasuk orang yang hoby berkebun, maka semua lahan tidur sekalipun bisa dijadikan lahan penanaman pisang khususnya.

Lahan Tanam

Penanaman pisang kpok cukulah sederhana bahkan pekarang kosong pun bisa ditanami pisang, sedangkan mengenai bibitnya cukup kita mengambil tunasnya yang ukuran 1 m, kemudian dibersihkan bongkolnya dari akar lama. Lubang yang kita siapkan nantinya cukup digali sedalam 45 cm. Kalau bisa tanah yang dilubangi, didiamkan beberapa hari baru dimasukkan tanaman baru ! Jika kita menanam dimusim kemarau terlebih dahulu lubang disiram air secukupnya agar tanahnya lembab kemudian diberi pupuk kandang ternak. Ada 2 persi orang berkebun pisang pertama sebagai konsumsi keluarga, kedua sebagai sumber mata pencaharian, sedangkan mengenai perawatannya tanaman pisang tidaklah serumit tanaman lain.

Perawatan Tanaman Pisang Kepok

Tanaman pisang cukup dibersihkan bagian rumput sekitar pohon dan mengenai hama, tanaman pisang memiliki hama dalam tanah, termasuk rayap dan ulat pemakan umbi – umbian, sifat hama tersebut memakan bongkol pisang bagian bawa sehingga ketika tanaman pisang memasuki musim buah langsung layu bersama bakal buahnya. Untuk mengatasi serangan hama tersebut sesekali kita membersihkan bagian pohon sambil membuat lubang melingkari pohon kemudian melakukan penyemprotan hama, atau ketika memasuki musim kemarau sesekali kita menyiram tanaman pisang dengan air.

Baca Juga: https://berkebun.co.id/budidaya-jamur-tiram/

Tanaman pisang kepok

Banyak orang yang cenderung memutuskan pilihan untuk berkebun pisang, karena tanaman ini tidak cukup terganggu dengan keberadaan tanaman disekitarnya yang penting tanaman disekitarnya lebih pendek dan memberikan ruang cahaya, tanaman pisang memasuki musim buah ketika paling lama 12 bulan dari masa penanaman. Sedangkan masa panennya 56 hari setelah dilepas jantung pisang. Salah satu keuntungan besar yang kita dapatkan ketika berkebun pisang, adalah tanaman pisang cuma sekali tanam dalam jangka waktu yang panjang. Musim buah ditahun pertama kita masih mengandalkan buah indukan nanti setelah memasuki panen tahun berikutnya terkadang panennya melimpa karena dalam satu rumpung biasa lebih dari satu pohon buah, jenis buah pisang kpok ada 2 macam antaranya, 1 bentuk buah memanjang dan bentuk pipih, 2 bentuknya bulat dan agak pendek model buah belimbing. Jika berkebun pisang sebagai sumber penghasilan maka sekarang ini dangat tepat mengingat harga pisang dipsaran sangat tinggi, perawatannya pun cukup sederhana, jika kita menginginkan hasil buah yang melimpah maka perawatannya setiap rumpung di lakukan penggemburan tanah sekali sebulan dan sesekali memberi pupuk kandang atau pupuk kompos.