Asyik! Smartphone Gaming Xiaomi Black Shark Helo Resmi Diluncurkan dengan Spesifikasi Jempolan

Asyik! Smartphone Gaming Xiaomi Black Shark Helo Resmi Diluncurkan dengan Spesifikasi Jempolan

 

Asyik! Smartphone Gaming Xiaomi Black Shark Helo Resmi Diluncurkan dengan Spesifikasi Jempolan
Asyik! Smartphone Gaming Xiaomi Black Shark Helo Resmi Diluncurkan dengan Spesifikasi Jempolan

Akhirnya kabar yang dinanti-nanti dari Xiaomi datang juga. Sesuai dengan jadwal, pada tanggal 23 Oktober kemarin perusahaan teknologi asal Tiongkok tersebut telah resmi meluncurkan smartphone gaming barunya. Yap, ini dia Xiaomi Black Shark Helo. Terlahir sebagai sebuah smartphone gaming tentunya membuat Xiaomi Black Shark Helo dijejali dengan segudang spesifikasi jempolan. Nah, apa saja spesifikasi yang tertanam pada smartphone tersebut?

Pada sektor dapur pacu, Black Shark Helo mengandalkan kinerja dari chipset

berperforma tinggi buatan Qualcomm, apalagi kalau bukan Snapdragon 845. Chipset tersebut disandingkan dengan tiga pilihan RAM, yakni RAM sebesar 6 GB, 8 GB, dan 10 GB. Untuk model dengan RAM 6 GB dan 8 GB memiliki memori penyimpanan internal seluas 128 GB. Sementara khusus untuk model dengan RAM 10 GB memiliki memori internal berkapasitas 256 GB. Namun sayangnya smartphone gaming besutan Xiaomi ini tidak dilengkapi dengan slot untuk microSD. Selain itu, Xiaomi juga membenamkan baterai berkapasitas 4.000 mAh dengan dukungan teknologi Quick Charge 3.0 pada smartphone ini untuk menunjang pengoperasiannya. Smartphone ini sendiri masih berjalan pada OS Android 8.1 Oreo dengan lapisan MIUI 10 di atasnya.

Beralih ke sektor fotografi, smartphone ini mengusung kamera ganda di bagian belakang, yang masing-masing memiliki resolusi 12 MP dan 20 MP. Sementara bagi penyuka selfie terdapat kamera depan yang memiliki resolusi 20 MP. Meskipun Black Shark Helo merupakan smartphone gaming, tapi nampaknya Xiaomi tetap menjejalinya dengan kamera yang bisa diandalkan.

Untuk segi desainnya sendiri smartphone ini terlihat bagus dan kesannya tangguh, khas smartphone gaming. Xiaomi Black Shark Helo mengusung layar berukuran besar, mencapai 6.01 inch. Layar tersebut berjenis AMOLED dan punya tingkat resolusi FHD+ (1080 x 2160 piksel) serta refresh rate 60Hz. Semua perpaduan tersebut tentu saja bakal bisa memanjakan para penggunanya saat bermain game.

Lantas fitur penunjang apa saja yang dihadirkan oleh Xiaomi Black Shark

Helo? Untuk model dengan RAM 6 GB dan 8 GB akan mendapatkan satu stick analog. Sedangkan untuk model RAM 10 GB akan mendapatkan dua controller yang bisa ditancapkan pada dua sisi smartphone. Selain itu masih ada sebuah tombol khusus yang berguna untuk membuat smartphone ini masuk ke mode game. Smartphone ini juga memiliki aplikasi Gamer Studio yang memungkinkan pengguna untuk merubah CPU, layar, jaringan, dan lain sebagainya sehingga pengguna bisa membuat profil yang berbeda untuk setiap game.

Apakah hanya itu saja fitur yang diberikan Xiaomi untuk smartphone ini? Ternyata tidak, nyatanya smartphone ini masih memiliki fitur lain seperti speaker stereo, RGB LED illuminated pada logo yang ada di belakang dan strip di samping, sistem pendinginan vapor chamber, serta dukungan HDR10 pada layarnya. Namun ada satu bagian penting yang dihilangkan oleh Xiaomi, yakni tidak adanya jack audio 3.5mm. Hal itu tentu saja akan membuat repot sebagian pengguna yang ingin memainkan game menggunakan headphone yang masih mengadopsi jack 3.5mm.

Berbekal semua spesifikasi dan fitur jempolan di atas, tentunya wajar jika

Xiaomi membanderol Black Shark Helo pada harga yang mahal. Semahal apa? Untuk model dengan RAM 6 GB dijual seharga CNY 3,199 atau setara dengan 7 jutaan rupiah, untuk model dengan RAM 8 GB ditawarkan seharga CNY 3,499 atau setara dengan 7,6 jutaan rupiah. Sementara untuk model 10 GB Xiaomi masih pelit memberi informasi harganya.

Baca Juga: