Pengertian Typography Menurut Para Ahli

tiyfografi

Berikut adalah pengertian typography menurut beberapa para pakar atau ahli:

1. Roy Brewer
Tipografi adalah pengaturan dan tata letak halaman atau cetakan pada definisi sempit hanya pemilihan dan berbagai masalah yang berkaitan dengan pengaturan huruf (kalimat), tidak termasuk ilustrasi dan elemen yang lain, hilangnya Surat pada lembar yang digunakan.

2. Dendi Sudiana
Tipografi menurut Dendi Sudiana adalah elemen grafis yang paling mudah dibaca. Tetapi melalui kata-kata yang terdiri dari surat untuk surat, mereka mengarahkan pembaca untuk memahami pesan atau ide.

3. Danton Sihombing
Tipografi menurut Danton Sihombing adalah representasi visual dari bentuk komunikasi verbal, visual, dan efektif.

4. Stanley Marrison
Tipografi menurut Stanley Marrison adalah kemampuan untuk mengelola materi cetak dengan baik untuk tujuan tertentu. bagaimana mengatur tulisan, ruang dan memelihara surat untuk membantu pembaca memahami teks.

Tipografi adalah salah satu cara untuk membuat tulisan benar-benar bermanfaat dan itu bisa mencapai hasil estetika karena suka pola, jarang tujuan utama.

Sejarah Kemunculan Typography

Awal perkembangan tipografi dimulai dari penggunaan pelajaran piktogram. Dari bentuk bahasa ini digunakan oleh seorang Viking Norwegia dan Indian Sioux.

Di Mesir berkembang typography sekitar tahun 1300 SM dan masih dikenal sebagai hieroglif. Bentuk typography merupakan sumber dari bentuk Demotia.

Tipe typography ini akhirnya berkembang di kendaraan, dan akhirnya tersebar ke Yunani dan akhirnya menyebar ke seluruh Eropa. Puncak pengembangan tipografi dimulai pada abad ke-8 SM. di Roma ketika orang-orang memulai meniptakan kekuatan mereka.

Orang yang berada di negara romawi tidak memiliki cara menulis mereka sendiri, mereka mempelajari sistem penulisan Etruscan, yang merupakan bahasa asli Italia dan menyempurnakannya ke dalam huruf Romawi.

Typography harus dipilih dan digunakan dengan benar. Kita sebagai manusia berkomunikasi melalui apa yang kita lakukan dan yang tidak kita lakukan.

Oleh karena itu typography adalah alat serbaguna untuk mentransfer informasi. Selain menyampaikan makna sebenarnya, typography juga mentransmisikan asal, tujuan, maksud, lingkungan dan waktu.


SUMBER : https://rumusguru.com/