3 Tips Merawat Ikan Oscar yang Benar

3 Tips Merawat Ikan Oscar yang Benar

3 Tips Merawat Ikan Oscar yang Benar

Apakah Anda membutuhkan tips-tips merawat ikan oscar? Ikan oscar merupakan ikan air tawar yang berasal dari Rio Grande, Amerika Selatan. Ikan ini memiliki rupa yang bagus dan perangainya pun cukup jinak. Itulah kenapa ada banyak orang yang memelihara ikan oscar di akuarium.

Perawatan ikan oscar tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu memperhatikan beberapa faktor yang mendukung kehidupannya dengan baik seperi makanan, air, dan insting. Sebagai ikan predator, oscar akan memangsa ikan lain yang berukuran lebih kecil. Anda mampu memelihara beberapa ikan oscar sekaligus sehingga ikan ini tetap merasa bahagia.Ikan oscar merupakan ikan air tawar yang berasal dari Rio Grande. Berikut ini tips-tips merawat ikan oscar kesayangan Anda :

Pakan

ikan hiu megalodon – Untuk alasan kepraktisan, Anda mampu menggunakan pelet sebagai makanan utama ikan oscar. Pilihlah pelet yang terbuat dari campuran daging ikan, udang, dan cumi-cumi sehingga kebutuhan gizi ikan tersebut terpenuhi dengan baik. Pelet mampu diberikan sebanyak sekali sehari. Hindari menunjukkan pelet secara berlebihan alasannya ialah dapat mengotori air.

Selain pelet, ikan oscar juga mau memakan pakan yang masih hidup menyerupai ikan dan udang kecil. Nalurinya sebagai binatang karnivora eksklusif menunjukkan insting kepada ikan ini untuk memburu semua pakan hidup yang ukurannya lebih kecil daripada tubuhnya sendiri. Sedangkan variasi pakan yang bagus untuk anakan ikan oscar ialah cacing sutera dan kutu air.

Akuarium

Akuarium yang digunakan untuk memelihara ikan oscar harus berukuran cukup besar. Akuarium tersebut setidaknya memungkinkan ikan yang hidup di dalamnya dapat bergerak dengan bebas. Lengkapi akuarium ini dengan aerator alasannya ialah ikan oscar membutuhkan sirkulasi udara yang bagus. Pastikan aerator terus menyala dan jangan biarkan mati terlalu lama.

Untuk mempertahankan kondisi kebersihan air di akuarium, disarankan untuk memasang filter di dalam akuarium. Alat ini berfungsi untuk menyaring kotoran-kotoran yang terlarut di dalam air sehingga kondisinya pun tetap bersih. Filter wajib dibersihkan paling tidak setiap seminggu sekali. Gunakan air sumur untuk mengisi akuarium, bukan air berkaporit.

Berkelompok

Ikan oscar lebih baik dipelihara secara berkelompok. Jika dibandingkan dengan memeliharanya sendiri, ikan ini akan tumbuh lebih cepat apabila dipelihara bersama dengan ikan-ikan oscar yang lain. Dengan merawat ikan oscar secara berpasangan juga memungkinkan terjadinya proses pemijahan alami.